Echinace (Echinacea purpurea), Khasiat : Immunomodulator
Kebun Artemisia annua L (Anti malaria), Tlogodlingo
Purwoceng (Pimpinella alpina), Khasiat : Afrodisiaka
Stevia (Stevia rebaudiana), Khasiat : Pemanis nonkalori
Pegagan (Centella asiatica), Khasiat : Braintonic
<< KEMBALI

Penandatanganan MoU Penelitian Jamu antara B2P2TO-OT Tawangmangu dengan Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen dan Peresmian Klinik SAINTIFIKASI JAMU. TOPIK : OWNED BY BLACK ANGELS

Pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2012 telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama Penelitian Jamu antara B2P2TO-OT Tawangmangu dan Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen. MoU ditandatangani oleh Kepala B2P2TO-OT Tawangmangu, Indah Yuning Prapti SKM. M.Kes dan Ketua PMI Kabupaten Sragen, dr. HM. Farid Anshori, MM dan disaksikan oleh Bupati Sragen

Tujuan kerjasama penelitian ini adalah meningkatkan mutu penelitian dan pemanfaatan Jamu. Ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi : 1. Penelitian berbasis pelayanan kesehatan, 2. Uji Klinik untuk menghasilkan data khasiat dan keamanan formula Jamu.

Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen dibentuk sebagai salah satu jejaring peneliti Saintifikasi Jamu. Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen dijalankan oleh dua orang dokter yang telah mengikuti diklat dokter Saintifikasi Jamu dan telah memiliki SBR.Pada tahap awal bahan baku Jamu berasal dari B2P2TO-OT. Diharapkan pada waktu mendatang PMI Kabupaten Sragen bisa mandiri dalam bahan baku Jamu. 

Ketua panitia dr. HM. Farid Anshori, MM, menyampaikan bahwa Klinik Saintifikasi Jamu PMI Sragen dibentuk atas kerjasama dengan B2P2TO-OT Tawangmangu dan bertujuan meningkatkan penelitian dan pemanfaatan Jamu.

Kepala B2P2TO-OT Tawangmangu menyampaikan bahwa perlu dibentuk Klinik Saintifikasi Jamu di berbagai daerah, seperti Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen sebagai jejaring penelitian Saintifikasi Jamu. Diharapkan masyarakat Sragen tidak perlu jauh-jauh ke Tawangmangu untuk mendapatkan Jamu dan cukup periksa di Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, SH, MH., menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung berdirinya Klinik Saintifikasi Jamu. Jamu dapat sebagai alternatif pengobatan dengan harga yang lebih terjangkau dibanding obat- obatan konvensional. Dan tentu saja tetap terjamin mutu dan keamanannya selain khasiat jamu yang telah dibuktikan secara ilmiah. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggalakkan lagi tanaman obat keluarga. Beliau berharap sebagian pasien yang periksa di RSUD Kabupaten Sragen pindah periksa di Klinik Saintifikasi Jamu PMI Kabupaten Sragen.

Setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan pemotongan untaian melati sebagai simbolis peresmian dilanjutkan peninjauan Klinik Saintifikasi Jamu PMI Sragen.

Setelah peninjauan Klinik, tamu undangan dipersilahkan menikmati “Café Jamu” yang telah disediakan oleh B2P2TO-OT Tawangmangu. Café Jamu menyediakan aneka minuman antara lain : Wedang “JAWANGI”, Wedang “PURWOCENG”, Wedang “JAESU”, Wedang “JKJ”, Wedang “KERAS”, Wedang “UWUH”, Wedang “CENGRE”, Jus “WORMAT”, dan The “DASMERU”. Disediakan pula Jajan Pasar seperti : Kacang Rebus, Ubi Ungu, Tales dan Pisang Rebus.

(In Laksmiwati)